Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 3 (2025): July, Social Studies, Educational Research and Humanities Research.

Pengaruh Human Relation terhadap Kinerja Karyawan dengan Mindfulness Sebagai Variabel Moderasi di Rumah Sakit Umum Hermina Daan Mogot

Hardini Yanis, Natasya Putri (Unknown)
Lina, Lina (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Persaingan yang semakin ketat pada industri layanan kesehatan menuntut rumah sakit untuk mengoptimalkan seluruh sumber daya, khususnya sumber daya manusia (SDM) guna mencapai visi dan misi organisasi. Salah satu faktor penting dalam meningkatkan kinerja karyawan adalah pengelolaan hubungan antarindividu yang baik atau human relation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh human relation terhadap kinerja karyawan, dengan mindfulness sebagai variabel moderasi di Rumah Sakit Umum Hermina Daan Mogot. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 89 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis untuk menguji hubungan langsung dan tidak langsung antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa human relation berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Selain itu, mindfulness juga memiliki hubungan positif baik terhadap human relation maupun terhadap kinerja karyawan. Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa human relation secara tidak langsung memengaruhi kinerja melalui mindfulness sebagai variabel mediasi. Temuan ini menegaskan pentingnya membangun hubungan kerja yang harmonis serta meningkatkan kesadaran diri karyawan dalam mendukung kinerja optimal. Implikasi dari penelitian ini mendorong manajemen rumah sakit untuk terus memperkuat kualitas hubungan antarpegawai dalam setiap aktivitas kerja sebagai bagian dari strategi peningkatan kinerja secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...