Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 3 (2025): July, Social Studies, Educational Research and Humanities Research.

Presentasi Citra Diri Mahasiswa KPI FDK UINSU pada Penggunaan Second Account Instagram

Tursina, Intan (Unknown)
Rozi, Fakhrur (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang citra diri mahasiswa KPI FDK UINSU. Fokus utama dari penelitian ini adalah perbedaan citra diri yang terlihat di akun utama dan akun kedua (second account). Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi digital, serta berlandaskan pada teori dramaturgi yang diajukan oleh Erving Goffman. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, yang melibatkan lima orang partisipan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa akun utama digunakan untuk memperlihatkan citra diri yang ideal, formal, dan terstruktur, sementara akun kedua berfungsi sebagai ruang untuk ekspresi yang lebih pribadi, spontan, dan autentik. Ini mencerminkan penampilan "panggung depan," sedangkan akun kedua berfungsi sebagai "panggung belakang" untuk ekspresi diri yang lebih leluasa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...