Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol. 8 No.2 (2025):, Juli 2025

ANALISIS PENERAPAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA ASISTENSI MENGAJAR UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI DI SD NEGERI 173539 HUTAGAOL

Tindaon, Juwita (Unknown)
Tambunan, Pandapotan (Unknown)
Br Tarigan, Mika Dwita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Keberhasilan dalam proses pembelajaran di kelas sangat tergantung pada hubungan yang baik antara pengajar (guru) dan pelajar (siswa). Dengan menguasai kemampuan dasar dalam mengajar dengan baik, guru dapat memberikan umpan balik yang positif kepada siswa, yang selanjutnya akan meningkatkan motivasi siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Sebaliknya, umpan balik yang negatif dari siswa dapat mengganggu proses belajar mereka dan menciptakan rintangan atau kesulitan dalam pembelajaran. Rintangan atau kesulitan dalam belajar ini bisa mengakibatkan ketidakberhasilan dalam mencapai hasil yang optimal. Oleh karena itu, kemampuan mengajar sangat penting bagi seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru yang melakukan MBKM di SDN 173539 Hutagaol. Dari hasil analisis kuesioner dan indikator yang kami teliti, keterampilan dasar mengajar mahasiswa MBKM Universitas Quality berada pada kategori baik hingga sangat baik. Ini menunjukkan bahwa kemampuan mengajar yang dimiliki oleh mahasiswa MBKM Universitas Quality memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa selama proses pengajaran, yang terlihat dari penerapan indikator-indikator keterampilan dasar mengajar di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...