Usaha mandiri bolen pisang di desa Bibrik Madiun merupakan bagian integral dari ekonomi lokal yang membutuhkan perhatian dalam meningkatkan kapabilitasnya. Pengarahan ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan strategi marketing mix sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing usaha ini. Metode dalam pengarahan ini menggunakan program bantuan strategi atau metodologi Asset-Based Community Development (ABCD). Hasil pengarahan menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat mengenai stunting sebelum dilakukanya monitoring/pengarahan hanya 60% yang menjawab benar dari seluruh peserta penyuluhan, dan setelah dilakukan monitoring/pengarahan hasilnya meningkat 20%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan mengenai pengetahuan marketing mix masyarakat berhasil meningkat menjadi 80%. Artinya terdapat dampak positif dari pemberian monitoring sekaligus materi pengetahuan marketing mix terhadap ibu kader PKK dan ibu-ibu masyarakat desa Bibrik.
Copyrights © 2023