JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Meningkatkan Keterampilan Menulis Descriptive Text Melalui Penggunaan Media Gambar Digital

Aritonang, Desi Kristy (Unknown)
Harahap, Dian Anggraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif siswa dan motivasi mereka untuk belajar bahasa Inggris melalui penggunaan media gambar digital. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan model penelitian tindakan Kemmis & McTaggart dan melibatkan 32 siswa kelas tujuh UPTD SMP Negeri 3 Kisaran. Data dikumpulkan melalui tes menulis, kuesioner motivasi, lembar observasi, dan jurnal guru. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kinerja menulis siswa, dengan skor rata-rata meningkat dari 62,5 (pra-tes) menjadi 88,5 pada akhir Siklus II, dan tingkat penguasaan meningkat dari 25% menjadi 95%. Motivasi siswa juga meningkat, dengan skor rata-rata naik dari 2,8 menjadi 4,7 (pada skala 1–5). Temuan menunjukkan bahwa media gambar digital secara efektif berfungsi sebagai petunjuk visual yang merangsang ide, memperkaya kosakata, dan meningkatkan keterlibatan dan antusiasme siswa selama kegiatan menulis. Penelitian ini merekomendasikan integrasi media gambar digital sebagai strategi yang inovatif dan menyenangkan dalam pengajaran menulis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...