JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Geografi di MAN 1 Buton

Marsel, Marsel (Unknown)
Muliana, Waode Helni (Unknown)
Rianti, Nurul Safia (Unknown)
Masdiana, Masdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Siswa di sekolah MAN 1 Buton masih mengalami kesulitan dalam memperoleh hasil belajar yang baik di mata pelajaran Geografi. Cara mengajar yang digunakan guru masih monoton, sehingga pembelajaran geografi menjadi kurang menarik bagi siswa. Hal ini menyulitkan siswa dalam berpikir dan belajar lebih baik. Penelitian ini mempelajari bagaimana model pembelajaran Treffinger dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Buton. Peneliti menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, dan memilih kelas XA sebagai sampel melalui Teknik purpossive sampling. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui efektivitas model tersebut, peneliti menggunakan uji t. Hasil menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-Tailed) adalah 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, dan nilai t-hitung 11,023 lebih besar dari nilai t-tabel 2,262. Hal ini berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Jadi, model pembelajaran Treffinger secara nyata membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Model ini merupakan strategi yang baik dalam meningkatkan belajar di berbagai aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...