JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Persepsi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terhadap Kurikulum Merdeka Belajar Ditinjau dari Gender, Sertifikasi, Masa Kerja (Studi pada Guru PJOK SD di Kecamatan Rungkut)

Pratama, Choiriza (Unknown)
Prakoso, Bayu Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar hadir guna meningkatkan mutu pendidikan dengan memberikan leluasaan bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran, termasuk pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru PJOK Sekolah Dasar seKecamatan Rungkut terhadap Kurikulum Merdeka Belajar ditinjau dari gender, sertifikasi, dan masa kerja. Metode yang digunakan pendekatan kuantitatif yang dianalisis dengan uji t dan ANOVA. Sampel berjumlah 60 guru PJOK melalui teknik purposive sampling. Penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi yang signifikan berdasarkan gender (p > 0,05), sertifikasi (p = 0,109 untuk kepercayaan; p = 0,353 untuk pengetahuan), maupun masa kerja (p = 0,079 untuk kepercayaan; p = 0,170 untuk pengetahuan). Implikasi penelitian ini guna mendukung keberhasilan guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...