Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Project Based Learning Story of Nature and Activity (PjBL STONAVITY) berbasis flipped classroom yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi siswa. Pengembangan model pembelajaran didasarkan pada keragaman gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan model pengembangan Dick and Carey dan quasi experimental design jenis nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Negeri Tlogo 02 yang berjumlah 26 siswa. Hasil validasi dari ahli materi, model pembelajaran, dan kelayakan menunjukkan bahwa model yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 94,5% dari para ahli. Berdasarkan hasil tes uraian dan angket kolaborasi menunjukkan peningkatan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil N-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, model PjBL STONAVITY berbasis flipped classroom dinyatakan efektif dan layak digunakan guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi siswa.
Copyrights © 2025