JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan PjBL STONAVITY Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kolaborasi Siswa

Nisa, Lisa Khoirun (Unknown)
Alfi, Cindya (Unknown)
Amalia, Shofi Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Project Based Learning Story of Nature and Activity (PjBL STONAVITY) berbasis flipped classroom yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi siswa. Pengembangan model pembelajaran didasarkan pada keragaman gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan model pengembangan Dick and Carey dan quasi experimental design jenis nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Negeri Tlogo 02 yang berjumlah 26 siswa. Hasil validasi dari ahli materi, model pembelajaran, dan kelayakan menunjukkan bahwa model yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 94,5% dari para ahli. Berdasarkan hasil tes uraian dan angket kolaborasi menunjukkan peningkatan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil N-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, model PjBL STONAVITY berbasis flipped classroom dinyatakan efektif dan layak digunakan guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...