Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitannya siswa dalam mengasah keterampilan literasi numerasi dijenjang menengah, juga rendahnya kemampuan literasi numerasi yang dimiliki peserta didik di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan naskah soal literasi numerasi konteks saintifik peserta didik fase D dalam hal ini siswa kelas 9 disalah satu SMP di kota Tanggerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian riset dan pengembangan dengan model ADDIE dalam pelaksanannya yaitu 5 tahapan analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitiaan ini berupa wawancara, angket dan instrument tes soal literasi numerasi yang telah dikembangkan. Instrumen literasi numerasi yang dikembangkan dalam konteks scientific layak dan praktis, namun soal-soal tersebut tidak terbukti efektif dalam penggunaannya. Dengan kata lain, meskipun soal tersebut memenuhi kriteria kelayakan dan dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran, siswa tidak memberikan hasil yang optimal dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025