Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) serta miskonsepsi yang muncul ketika siswa menggunakan Three Tier Test pada materi SPLDV. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif dan menggunakan metode kualitatif. Kelas VIII-C menjadi subjek penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 52 Makassar. Teknink pengumpulan datanya yaitu, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tahap Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Three Tier Test dan instruksi wawancara yang telah menjalani dua validasi yahni instrumen penelitian yang digunakan. berfungsi sebagai alat penelitian. Instrumen tersebut divalidasi oleh dua validator dan dianggap sesuai untuk digunakan. Temuan penelitian, kesalahpahaman berikut muncul dalam materi SPLDV menggunakan Tes Tiga Tingkat: 1) Menggunakan situasi sebagai dasar untuk model matematika dalam bentuk persamaan linier dua variabel dan memanfaatkan pendekatan gabungan untuk menangani serangkaian persamaan linier dalam dua variabel. 2) Buatlah grafik dari sistem persamaan linier dua variabel yang diberikan. 3) Identifikasi persamaan linier dua variabel. Siswa, instruktur, materi instruksional, dan elemen lainnya seperti keterbatasan waktu adalah sumber kesalahpahaman siswa.
Copyrights © 2025