Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Implementasi Ekosistem Laut Berbasis Inquiry Sebagai Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Sri Hartati (Unknown)
Siti Mayang Sari (Unknown)
Lili Kasmini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penurunan keanekaragaman hayati laut akibat aktivitas manusia dan degradasi lingkungan menjadi tantangan serius dalam upaya pelestarian ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendekatan pembelajaran berbasis inquiry dalam memahami dan menjaga ekosistem laut sebagai bentuk pelestarian keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di kawasan pesisir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis inquiry mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap interaksi dalam ekosistem laut serta menumbuhkan kesadaran ekologis melalui pengamatan langsung, perumusan masalah, dan eksplorasi solusi pelestarian. Penerapan inquiry juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pengambilan keputusan ramah lingkungan di wilayah pesisir. Dengan demikian, pendekatan ini terbukti efektif dalam membentuk sikap peduli lingkungan dan menjadi strategi edukatif dalam pelestarian keanekaragaman hayati laut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...