Penurunan keanekaragaman hayati laut akibat aktivitas manusia dan degradasi lingkungan menjadi tantangan serius dalam upaya pelestarian ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendekatan pembelajaran berbasis inquiry dalam memahami dan menjaga ekosistem laut sebagai bentuk pelestarian keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di kawasan pesisir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis inquiry mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap interaksi dalam ekosistem laut serta menumbuhkan kesadaran ekologis melalui pengamatan langsung, perumusan masalah, dan eksplorasi solusi pelestarian. Penerapan inquiry juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pengambilan keputusan ramah lingkungan di wilayah pesisir. Dengan demikian, pendekatan ini terbukti efektif dalam membentuk sikap peduli lingkungan dan menjadi strategi edukatif dalam pelestarian keanekaragaman hayati laut.
Copyrights © 2025