Humanism: Journal of Community Empowerment (HJCE)
Vol. 7 No. 2 (2025)

ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN SPEAKING SISWA SMK AMANAH HUSADA YOGYAKARTA

Maryani, Maryani (Unknown)
Arroyyani, Risa (Unknown)
Nurhayati, Pipin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMK dalam konteks bahasa Inggris keperawatan melalui penerapan metode role play. Metode ini dipilih karena dinilai mampu memberikan pengalaman belajar yang kontekstual, komunikatif, dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan dilaksanakan di SMK Amanah Husada Yogyakarta dengan melibatkan siswa kelas XII jurusan keperawatan. Dalam pelaksanaannya, siswa diberikan contoh percakapan yang berkaitan dengan situasi medis. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa partisipasi dan antusiasme siswa meningkat secara signifikan. Mereka mampu menggunakan frasa dan ekspresi yang sesuai dengan konteks komunikasi medis, serta menunjukkan peningkatan dalam kelancaran berbicara. Selain itu, respon siswa terhadap metode role play sangat positif; mereka merasa lebih percaya diri dan memahami pentingnya keterampilan speaking dalam dunia kerja keperawatan. Secara umum, kegiatan ini berhasil meningkatkan performa berbicara siswa, baik dari segi struktur bahasa maupun keberanian untuk berkomunikasi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

humanis

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Humanism: Journal Of Community Empowerment adalah Jurnal yang diterbitkan oleh LPPM STIKes Surya Global Yogyakarta. Jurnal ini fokus pada karya ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat yang meliputi bidang Ilmu Kesehatan Masayrakat, Ilmu Keperawatan dan farmasi serta ilmu-ilmu yang sebidang dengan ...