Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMK dalam konteks bahasa Inggris keperawatan melalui penerapan metode role play. Metode ini dipilih karena dinilai mampu memberikan pengalaman belajar yang kontekstual, komunikatif, dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan dilaksanakan di SMK Amanah Husada Yogyakarta dengan melibatkan siswa kelas XII jurusan keperawatan. Dalam pelaksanaannya, siswa diberikan contoh percakapan yang berkaitan dengan situasi medis. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa partisipasi dan antusiasme siswa meningkat secara signifikan. Mereka mampu menggunakan frasa dan ekspresi yang sesuai dengan konteks komunikasi medis, serta menunjukkan peningkatan dalam kelancaran berbicara. Selain itu, respon siswa terhadap metode role play sangat positif; mereka merasa lebih percaya diri dan memahami pentingnya keterampilan speaking dalam dunia kerja keperawatan. Secara umum, kegiatan ini berhasil meningkatkan performa berbicara siswa, baik dari segi struktur bahasa maupun keberanian untuk berkomunikasi
Copyrights © 2025