Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir peserta didik. Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III di SDN 37 Cakranegara masih rendah. Permasalahan tersebut disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang berpusat pada guru dan terpaku pada buku mata pelajaran saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir kritis kelas III di SDN 37 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 42. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik dan observasi untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran. Hasil uji hipotesis diperoleh melalui uji independent sample t test mendapatkan sig. 0,009 < 0,05 dan nilai thitung ≥ ttabel yaitu sebesar 2,766 ≥ 2,021 , yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dilihat dari kelima sintaks PjBL-STEM terdapat tiga sintaks yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis yaitu, 1) reflection, 2) research 3) application. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengruh model PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SDN 37 Cakranegara dengan kategori sedang.
Copyrights © 2025