Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan kelompok yang menggunakan pendekatan discovery learning dalam meningkatkan career awareness siswa kelas VII di SMP Negeri X Sewon. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen one-group pretest-posttest dengan partisipasi enam siswa yang memiliki tingkat career awareness yang rendah sebagai sampel cluster. Data dikumpulkan menggunakan skala pengukuran career awareness. Hasil pretest menunjukkan skor rata-rata sebesar 58,7 yang masih tergolong rendah, sementara skor posttest meningkat menjadi 79,5 dan masuk kategori sedang. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks menunjukkan nilai signifikansi 0,027 < 0,05, menandakan terdapat perbedaan yang jelas antara hasil sebelum dan sesudah diberikan layanan . Hasil ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan discovery learning terbukti efektif dalam meningkatkan career awareness siswa, serta memberikan pendekatan yang inovatif bagi guru BK dalam menjalankan layanan bimbingan dan konseling.
Copyrights © 2025