Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD pada materi Bhinneka Tunggal Ika melalui media Kopika Box dan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Subjek penelitian terdiri atas 28 siswa kelas IV SD X. Kopika Box adalah media permainan edukatif berbasis budaya, sedangkan CRT merupakan pendekatan pembelajaran yang menyesuaikan dengan latar belakang budaya siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 63 (pra-siklus) menjadi 84 (siklus 2), dengan N-Gain sebesar 0,57 (kategori sedang), yang mencerminkan efektivitas intervensi dalam memperkuat hasil belajar siswa terhadap nilai keberagaman. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan media lokal berbasis budaya dengan pendekatan pembelajaran yang responsif budaya dapat menjadi strategi efektif dan kontekstual dalam memperkuat pendidikan karakter di sekolah dasar.
Copyrights © 2025