Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol. 3 No. 3 (2025): Juli

Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan Melalui Integrasi Kurikulum Model Jaringan (Networked Model) di Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Aliyah Negeri Babakan Ciwaringin Cirebon

Yusuf (Unknown)
Wati Karmila (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya peningkatan kualitas lulusan melalui penerapan kurikulum integratif berbasis Networked Model di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Babakan Ciwaringin, Cirebon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan, melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Fokus utama penelitian adalah pada integrasi kurikulum madrasah dengan lingkungan pesantren, mengingat mayoritas peserta didik merupakan santri yang tinggal di pondok pesantren di sekitar madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) MTsN dan MAN di Babakan Ciwaringin berperan sebagai pusat keunggulan (center of excellence) dan menjadi rujukan pengembangan kurikulum bagi madrasah lain di wilayah tersebut; (2) Integrasi kurikulum dengan model networked berbasis potensi lokal melalui pendekatan ABCD terbukti mampu meningkatkan relevansi dan mutu lulusan; dan (3) Implementasi kurikulum ini diperkuat dengan sistem pengendalian mutu internal yang dikelola secara efektif oleh Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Madrasah, serta didukung oleh tenaga pendidik yang profesional, menghasilkan lulusan dengan kompetensi akademik dan karakter yang unggul. Temuan ini merekomendasikan penguatan sinergi antara madrasah dan pesantren dalam pengembangan kurikulum berbasis jaringan untuk menjawab tantangan global secara kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

isihumor

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Social Sciences: Anthropology, Asian Studies, Economics and Management, Education, Communication, Demography, Development, Gender Studies, Government & Public Policy, Human Ecology, International Relations, Media Studies, Peace and Conflict, Library Science, Political Science, Science, Technology & ...