Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kecil terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa kelas X SMKN 3 Karawang. penelitian ini didasarkan pada rendahnya tingkat kebugaran jasmani siswa yang teridentifikasi melalui observasi dan pelaksanaan tes kebugaran jasmani. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan pendekatan pembelajaran berbasis permainan kecil yang menyenangkan dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, masing-masing berjumlah 34 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa permainan kecil, sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kebugaran jasmani adalah Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Fase EF. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada tingkat kebugaran jasmani siswa kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan permainan kecil, dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan kecil berpengaruh positif terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa kelas X SMKN 3 Karawang.
Copyrights © 2025