Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 2 (2025): Juli 2025

Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Melalui Aplikasi Webtoon pada Kelas XI SMA Muhmmadiyah Kutoarjo

Fransiska, Enjelina (Unknown)
Sholeh, Khabib (Unknown)
Purwanto, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Menulis cerpen merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting bagi siswa. Keterampilan ini tidak hanya mengasah kreativitas, tetapi juga melatih kemampuan berpikit kritis, menyusun alur cerita, dan mengekspresikan gagasan secara tertulis. Tujuan penelitian ini mendeskripsi (1) proses pembelajaran menulis cerpen dengan aplikasi Webtoon; (2) peningkatan hasil pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kutoarjo tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek (cerpen) siswa melalui penerapan media aplikasi Webtoon. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kutoarjo tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II yang masing-masing terdiri tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan pengamatan. Data yang diperoleh melalui observasi aktivitas siswa, dokumentasi hasil tulisan cerpen siswa, dan penilaian aspek menulis cerpen yang meliputi isi, organisasi, kosakata, pengembangan bahasa, dan mekanik. Hasil penelitian prasiklus menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 60,86 sebanyak 29 siswa berada kategori rendah. Hal ini diperlukan adanya tindakan siklus selanjuntnya. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa sebesar 68,06 sebanyak 9 siswa berada dalam kategori cukup dan sementara 20 siswa masih berada kategori rendah. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 79,93. Sebanyak 26 siswa mencapai kategori baik dan 3 siswa mencapai kategori sangat baik.  Penggunaan media Webtoon yang menyajikan cerita dalam bentuk visual panel turut membantu siswa dalam memahami alur, memperkaya kosakata, menyusun struktur cerita secara runtut, serta mengembangkan isi dan bahasa tulisan secara lebih terarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...