Krisis akhlak pada anak-anak sekolah dasar di era modern mendorong perlunya pendekatan pendidikan Islam yang tidak hanya bersifat informatif, tetapi juga transformatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode transformasi nilai-nilai Islam dalam proses pembentukan akhlak anak SD melalui strategi pembelajaran dan pembiasaan yang kontekstual dan aplikatif. Kajian dilakukan dengan metode studi pustaka terhadap literatur ilmiah yang relevan, baik klasik maupun kontemporer, mengenai nilai-nilai Islam utama seperti jujur, ikhlas, dan tanggung jawab, serta penerapan metode seperti keteladanan, pembiasaan, dan pendekatan kontekstual. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembentukan akhlak anak tidak dapat dilakukan secara instan, melainkan melalui proses internalisasi nilai Islam secara sistematis yang terintegrasi dalam lingkungan pendidikan. Transformasi nilai terjadi ketika peserta didik tidak hanya memahami secara kognitif, tetapi juga menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peran aktif guru, orang tua, dan kurikulum dalam mewujudkan pendidikan Islam yang mampu mentransformasikan nilai menjadi karakter.
Copyrights © 2025