Bagaimana Kasus pertanyaan sikap siswa terhadap aktivitas belajar mengajar dan bagaimana kompetensi kepribadian guru yang berdampak pada perilaku siswa merupakan tujuan dari penelitian ini. Lokasi di SMA Katolik Santo Ignatius Manado pada bulan April dan Mei tahun 2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dari sejumlah 97 siswa, 78 siswa menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil perolehan Fhitung sebesar 21,059 menunjukkan tingkat signifikansi 0,000 0,005. Terdapat nilai korelasi 0,466 dan koefisien determinasi 0,217. Sebagai penutup dapat diperoleh kesimpulan, ketika seorang guru mengajarkan pelajaran di kelas, kepribadiannya sangat otoriter, pada umumnya, guru yang kepribadiannya demikian, akan sangat mempengaruhi keputusan siswa untuk berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran di SMA Katolik Santo Ignatius Manado.
Copyrights © 2025