Askara: Jurnal Seni dan Desain
Vol 4 No 1 (2025): ASKARA: Jurnal Seni dan Desain

PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MAKANAN TRADISIONAL INDONESIA SATURASA DENGAN STRATEGI AISAS

Callista, Jesslyn (Unknown)
Susanti, Elizabeth (Unknown)
Yonatia, Jessica (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam macam budaya, salah satunya kuliner tradisional yang berbeda-beda dari setiap daerahnya. Seiring dengan berkembangnya dunia usaha kuliner yang didukung dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup pesat, maka semakin maraknya pertumbuhan bisnis kuliner di berbagai daerah di Indonesia. Namun disayangkan masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan kuliner internasional, dan kurangnya antusiasme dalam memilih kuliner tradisional Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah melakukan promosi dan inovasi dengan menerapkan strategi AISAS dalam media promosi masakan tradisional, dengan mengambil studi kasus pada brand Saturasa. Dengan adanya strategi AISAS dapat melakukan pendekatan secara efektif dengan target audiens didukung dengan latar belakang kemajuan teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan mengobservasi media promosi, media sosial, dan target audiens dari Saturasa, lalu dibuatkan pengaplikasian strategi AISAS dalam media. Hasil dari penelitian ini diharapkan memberikan gambaran penggunaan strategi AISAS, sehingga dapat diterapkan untuk perancangan media promosi brand-brand makanan tradisional Indonesia lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

askara

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Askara merupakan media publikasi hasil penelitian ilmiah dalam bidang keilmuan seni visual, komunikasi visual dan desain yang lebih luas. Askara berupaya merepresentasikan dan berperan aktif dalam perkembangan wacana interdisiplin keilmuan, penelitian, dan publikasi keilmuan Desain Komunikasi ...