Harmoni: Jurnal Pendidikan dan Penelitian Seni Budaya
Vol 15 No 1 (2025): Harmoni

PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SD INPRES MAROANGING GOWA

nurjannah, janah (Unknown)
Nasrah (Unknown)
Magfirah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitiian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Maroanging Gowa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimen dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design melalui pendekatan kuantitatif. Desain ini melakukan dua kali pengukuran, pertama (pretest) dan pengukuran kedua (posttest). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Inpres Maroanging Gowa, sebanyak 28 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest siswa adalah 51,07 dengan kategori rendah, selanjutnya diterapkan metode eksperimen pada proses pembelajaran maka hasil posttest siswa mencapai nilai rata-rata sebesar 76,25 dengan kategori sedang. Analisis N-Gain menunjukkan rata-rata gain ternormalisasi 0,54 berada pada kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan paired samples test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Maroanging Gowa pada materi perpindahan kalor. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

harmoni

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Harmoni: Jurnal Pendidikan dan Penelitian Seni Budaya. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Harmoni menerbitkan karya ilmiah hasil penelitian dibidang pendidikan seni rupa, ilmu seni, dan budaya yang ...