Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas IX SMP Negeri 2 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya partisipasi aktif siswa serta kurangnya pemahaman mendalam terhadap materi PAI akibat dominasi metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif memberikan dampak positif terhadap peningkatan interaksi sosial, tanggung jawab individu maupun kelompok, serta motivasi belajar siswa. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran kolaboratif juga memperlihatkan adanya peningkatan pemahaman terhadap nilai-nilai keislaman secara kontekstual dan aplikatif. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi pembelajaran kolaboratif efektif dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar serta mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran PAI
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025