Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat literasi lingkungan mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2020 di UIN Walisongo Semarang yang mengambil mata kuliah peminatan ilmu lingkungan. Sebanyak 30 mahasiswa menjadi sampel penelitian ini. Metode deskriptif dengan teknik survei digunakan, mengumpulkan data melalui angket dan soal tes pilihan ganda. Instrumen ini mengukur empat indikator literasi lingkungan: pengetahuan lingkungan, keterampilan kognitif, sikap peduli lingkungan, dan perilaku pro-lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi lingkungan mahasiswa berada pada kategori sedang untuk pengetahuan lingkungan (78,3%), keterampilan kognitif (63,3%), dan perilaku pro-lingkungan (65,6%). Sementara itu, sikap peduli lingkungan menunjukkan kategori tinggi dengan persentase 81%. Sub-indikator dengan persentase tertinggi meliputi pengetahuan tentang pemecahan masalah lingkungan, kemampuan merencanakan tindakan penyelidikan isu lingkungan, sikap apresiasi terhadap lingkungan, dan konservasi sumber daya alam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah literasi lingkungan mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Walisongo Semarang secara umum berada pada kategori sedang hingga tinggi, dengan kekuatan pada aspek sikap peduli lingkungan.
Copyrights © 2025