Pendidikan di era digital memerlukan inovasi dalam penyampaian materi, terutama mata pelajaran IPA yang sering dianggap kompleks oleh siswa sekolah dasar. Media pembelajaran yang interaktif seperti video animasi dipercaya mampu meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian one group pretest posttest desain. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 21 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu 21 siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan di UPT SDN 105349 Paluh Kemiri Deli Serdang. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata pre test sebelum diberikan perlakuan yaitu 40.0 dan setelah diberikan perlakuan nilai rata – rata post test yaitu 81,9. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai hasil signifikasi sig (2 tailed) adalah 0,00 > 0,05 dengan t-hitung 6,739 < t-tabel 1,303 maka Ho ditolak; Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar
Copyrights © 2025