Pembelajaran berbasis model merupakan elemen penting dalam Kurikulum Merdeka, namun implementasinya dalam buku teks seringkali tidak eksplisit dan kurang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercerminan sintaks model Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) dalam buku teks Waskitha Basa lan Sastra Jawa Kelas XI terbitan Erlangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Instrumen berupa kartu data analisis sintaks dikembangkan berdasarkan sintaks PjBL (Fahlevi, 2022) dan PBL (Rosidah, 2018), dan digunakan untuk menganalisis enam bab buku. Hasil menunjukkan bahwa tiga bab mengarah pada model PjBL, dua bab mencerminkan PBL, dan satu bab menggunakan model pembelajaran lain. Namun, tidak semua tahapan sintaks ditemukan secara lengkap. Sintaks PjBL belum mencerminkan dua tahapan penting, yaitu penyusunan jadwal dan pemantauan proyek, sedangkan sintaks PBL tampil lebih utuh namun kurang mendalam. Temuan ini menunjukkan bahwa buku teks belum sepenuhnya mendukung pembelajaran berbasis proyek maupun masalah secara optimal. Implikasi dari penelitian ini mengarah pada perlunya penyusunan buku ajar yang secara eksplisit dan sistematis menghadirkan model pembelajaran agar sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025