Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rancang bangun serta menganalisis validitas dan kepraktisan media website materi virus dengan kearifan lokal berseting project based learning pada kelas X SMA. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Setelah media dikembangkan, dilakukan uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Uji kepraktisan dilakukan oleh 3 guru biologi dan siswa kelas X.3, yaitu 3 siswa dalam uji perseorangan dan 12 siswa dalam uji kelompok kecil berdasarkan kemampuan akademik tinggi, sedang, dan rendah. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Amlapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) rancang bangun penelitian pengembangan menghasilkan media website materi virus dengan kearifan lokal berseting project based learning di kelas X SMA, (2) validitas media website materi virus dengan kearifan lokal berseting project based learning di kelas X SMA dari segi media mendapatkan persentase 88,2% dan materi mendapatkan persentase 91,4% (sangat valid), (3) uji kepraktisan guru memperoleh persentase 93,7% (sangat praktis). Kepraktisan siswa tergolong sangat praktis dengan persentase 91,5% pada uji perseorangan, 92,6% pada uji kelompok kecil, dan 90,3% pada uji kelompok besar. Hasil ini menunjukkan media website materi virus dengan kearifan lokal berseting project based learning pada kelas X SMA sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Copyrights © 2025