Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra
Vol 11 No 1 (2025): Februari 2025

Evaluasi Beban Kerja Mental Mahasiswa Tingkat Akhir dengan Subjective Scale of Mental Workload (ESCAM)

Arifin, Riski (Unknown)
Ayu Angrayni, Septi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penyelesaian tugas akhir merupakan salah satu tahapan krusial dalam studi mahasiswa, namun sering kali memberikan beban kerja mental yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi beban kerja mental mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir menggunakan metode Subjective Scale of Mental Workload (ESCAM). Metode ini menilai lima faktor utama yang mempengaruhi beban kerja mental, yaitu Cognitive Demands and Task Complexity, Health Consequences, Task Characteristics, Time Organization, dan Working Speed. Studi ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif pada 55 mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akhirnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Cognitive Demand memiliki pengaruh terbesar terhadap beban kerja mental mahasiswa dengan nilai rata-rata 4,091 (kategori tinggi), sedangkan faktor Working Speed memiliki pengaruh terendah dengan nilai rata-rata 3,248 (kategori sedang). Terdapat pula perbedaan pengaruh faktor berdasarkan gender, di mana mahasiswa perempuan memiliki tingkat beban kerja mental lebih tinggi dibandingkan laki-laki dalam beberapa faktor. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam penyusunan strategi manajemen tugas akhir yang lebih efektif untuk mengurangi beban mental mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

rekayasa

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Rekayasa Technology Nusa Putra Midwifery provides an international forum for the publication, dissemination and discussion of advances in evidence, controversies and current research, current knowledge and promotes continuing education through publication of systematic and other reviews ...