SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 8, No 2 (2025): July - December

Pengaruh Kepuasan terhadap Penggunaan Berkelanjutan Bank Digital di Indonesia

Rinwantin, Rinwantin (Unknown)
Yuliana, Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Bank digital memiliki peran setara dengan bank konvensional dan diproyeksikan mengalami pertumbuhan transaksi signifikan di Indonesia. Fenomena ini berpotensi meningkatkan inklusi keuangan dan mewujudkan masyarakat tanpa tunai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kepuasan nasabah terhadap niat penggunaan berkelanjutan layanan bank digital, dengan fokus pada kajian pasca-adopsi. Studi ini penting mengingat investasi besar dalam bisnis bank digital dan perlunya pemahaman sikap pasca penggunaan untuk mengevaluasi niat berkelanjutan. Melalui studi literatur dan analisis data yang dikumpulkan melalui survei daring (Gform), penelitian ini menemukan bahwa sikap positif terhadap bank digital dan kepuasan nasabah memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap niat penggunaan berkelanjutan. Sementara itu, komitmen afektif dan persepsi kegunaan tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Implikasi dari temuan ini penting bagi bank digital, pengguna, dan pembuat kebijakan dalam upaya mendorong adopsi dan keberlanjutan penggunaan layanan bank digital di Indonesia.. Kata Kunci: Perceived Usefullness, Attitude Towards, Satisfaction, Continuance intention, bank digital

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...