Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 6, No 2 (2025): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Yusma, Ira (Unknown)
Azis, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar dengan berbasis model advance organizer dalam memahami materi aljabar pada siswa SMP Negeri 20 Medan, dan untuk mengetahui bagaimana kelayakan pengembangan bahan ajar matematika dengan dengan berbasis model advance organizer dalam memahami materi aljabar pada siswa SMP Negeri 20 Medan. Metode yang digunakan Research and Develpoment. Adapun hasil validator ahli materi pada tahap I memiliki nilai rata-rata sebesar 58,2% dengan kriteria “kurang layak”. Sedangkan validasi ahli materi tahap II memiliki nilai rata-rata 80% dengan kriteria “layak”. Uji coba produk pada angket respons siswa pada skala kecil mendapatkan nilai rata-rata 87,4% dengan kriteria "sangat menarik", dan pada skala besar mendapatkan nilai rata-rata 83% dengan kriteria "sangat menarik".  Sedangkan untuk Tingkat keefektifan bahan sebesar 80% siswa tuntas. Artinya tingkat keefektifan bahan ajar yang dikembangkan termasuk pada kategori baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...