PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 3 No. 04 (2025): JULI 2025

PENERAPAN VIDIO PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI ZAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS DI SDI ENDE 15

Sarlota, Maria Fabiola (Unknown)
Susi, Selfiana (Unknown)
Bibi, Marsiana (Unknown)
Rengu, Ferdinandus (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi klasifikasi zat di SDI Ende 15. Rendahnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran sains, khususnya pada konsep klasifikasi zat, menjadi salah satu kendala dalam pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal. Oleh karena itu, media video dipilih sebagai alternatif yang mampu menyajikan materi secara visual dan menarik, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket motivasi belajar. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran secara terencana dan interaktif mampu menarik perhatian siswa, meningkatkan rasa ingin tahu, dan mendorong partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, media video pembelajaran efektif digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam memahami konsep klasifikasi zat di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...