PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 3 No. 04 (2025): JULI 2025

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA MELALUI VIDEO ANIMASI PADA SISWA SD MIS FATIMIYYAH ENDE DALAM KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT

Ahmad, Zainab (Unknown)
Wimin, Yunita Alpija (Unknown)
Taal, Maria Selviana (Unknown)
Nurdin , Muhamad Tasrik (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di sekolah Mis Fatimiyah Ende, yang berlokasi di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep cahaya melalui pemanfaatan media video animasi. Materi mengenai cahaya, seperti sifat-sifat cahaya, pemantulan, dan pembiasan, kerap kali sulit dipahami oleh siswa sekolah dasar karena bersifat abstrak dan membutuhkan visualisasi. Media video animasi dipilih sebagai alat bantu pembelajaran yang interaktif dan menarik untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep-konsep tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh 57 siswa yang terdiri dari kelas IV dan V. Metode pelaksanaan mencakup pemutaran video animasi edukatif, diskusi interaktif, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa setelah menggunakan media video animasi, ditunjukkan oleh perbandingan nilai pre-test dan post-test. Selain itu, siswa juga menunjukkan antusiasme dan partisipasi aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil ini menunjukkan bahwa video animasi dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep sains di jenjang sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...