Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 8 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 1 Ngadikusuman

Wiedlovira, Talita Permata (Unknown)
Muryaningsih, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Melalui pemanfaatn pembelajaran model Problem Base Learning (PBL) dengan bantuan sumer belajar berbasis powerpoint, peneliti berupaya guna mengembangkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 1 Ngadikusuman. Pada awalnya, kurangnya antusiasme siswa dan keyakinan bahwa matematika itu sulit merupakakan indicator motivasi belajar yang rendah. Karena hasil tersebut dapat menarik secara visual dan relevan dengan situasi dunia nyata, siswa jauh lebih termotivasi untuk berpikir, berdiskusi, dan memecahkan masalah setelah menggunakan model PBL dengan bantuan media powerpoint diterapkan. Peningkatan rata-rata dari 68,93 menjadi 71,61 dan nilai terendah 50 menjadi 66 menunjukan bahwa adanya peningkatan yang positif pada prestasi belajar, meskipun siswa sudah memahami konsep materi, kesalahan dalam perhitunagn bilangan bulat masih terjadi. Akibatnya memerlukan strategi yang unik untuk memperbaiki hal tersebut. Peneliti ini menunjukan efektivitas model PBL dalam mengembangkan dorongan serta prestasi belajar matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...