Al Adawat : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 3 No. 01 (2024): FEBRUARI

IMPLEMENTASI PENILAIAN DIRI SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH: Studi Kasus di MI Plus Darul Falah Mojoagung Jombang

Farohatul Awwalun, Silvi (Unknown)
Rofi`'ah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2024

Abstract

Penilaian diri siswa berbasis pendekatan saintifik merupakan strategi evaluasi yang memungkinkan siswa untuk merefleksikan pembelajran mereka secara kritis dan analitis. Implementasi ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran dan mendorong pengembangan keterampilan berpikir ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif pada siswa kelas V MI Plus Darul Falah Mojoagung dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan saintifik dalam penilaian diri siswa melibatkan lima langkah utama yakni mengamati, menanya, mengumpulkan infromasi, menala dan mengkomunikasikan. Melalui penilaian diri, siswa mengetahui kemampuan dirinya dan juga meningkatkan rasa percaya diri serta bertanggung jawab terhadap pembelajaran mereka sendiri. Guru berperan pentinf sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam proses refleksi dan memberikan umpan balik konstruktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian diri siswa berbasis pendekatan saintifik di madrasah ibtidaiyah efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan reflektif siswa serta memperkuat keterlibatan dan tanggung jawab diri mereka dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aldawat

Publisher

Subject

Religion Earth & Planetary Sciences Education Library & Information Science Social Sciences

Description

This journal is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. The scope of Al Adawat : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Teaching ...