Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan di tingkat sekolah dasar. Studi ini bertujuan mengkaji secara teoritis bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dengan latar belakang sebagai Guru Penggerak berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan, terutama di wilayah pedesaan seperti Kecamatan Watukumpul. Dengan menggunakan metode literature review, penelitian ini menganalisis teori-teori kepemimpinan pendidikan, konsep Guru Penggerak, dan mutu pendidikan, serta hubungannya dalam konteks praktik di sekolah dasar. Temuan dari literatur menunjukkan bahwa kepala sekolah yang berlatar Guru Penggerak cenderung memiliki pendekatan transformasional, kolaboratif, dan inovatif, yang memperkuat budaya pembelajaran dan profesionalisme guru. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program ini juga dibahas secara kritis. Studi ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan berbasis Guru Penggerak dapat menjadi motor penggerak perubahan pendidikan yang berkelanjutan di wilayah terpencil, asalkan didukung dengan sumber daya, pelatihan, dan kolaborasi multi pihak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025