Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa sekolah dasar terhadap isu lingkungan sosial, yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang cenderung teoritis dan kurang kontekstual. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran tematik berbasis permainan Quizalize Games dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap isu tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode Systematic Literature Review (SLR) terhadap delapan artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan Quizalize mampu meningkatkan keterlibatan siswa, motivasi belajar, dan pemahaman konseptual, serta mendukung asesmen formatif secara real-time. Namun demikian, implementasi media ini masih menghadapi kendala, seperti terbatasnya infrastruktur digital, rendahnya literasi digital guru, dan belum optimalnya integrasi nilai-nilai lokal dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi lintas sektor untuk mendukung penerapan media pembelajaran digital yang kontekstual, inklusif, dan berkelanjutan di pendidikan dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025