Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan desain pembelajaran matematika melalui pendekatan problem posing guna meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Pendekatan problem posing menekankan keterlibatan siswa dalam merumuskan masalah matematika, yang diharapkan dapat merangsang pemikiran kritis dan logis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika secara efektif meningkatkan kemampuan penalaran siswa, yang ditunjukkan melalui peningkatan kemampuan siswa dalam menganalisis, mengevaluasi, dan menyusun argumen matematika secara logis. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi pendekatan problem posing dalam desain pembelajaran dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan reflektif, serta mendukung perkembangan kognitif siswa, khususnya dalam penalaran matematika.
Copyrights © 2025