Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi e-commerce terhadap efisiensi dan efektivitas operasional UMKM sektor kuliner di Jakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan dari 207 responden UMKM dan dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) melalui SmartPLS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi e-commerce memiliki dampak positif yang signifikan terhadap efisiensi, seperti pengurangan biaya, penghematan waktu, dan pencatatan transaksi otomatis dan efektivitas, termasuk perluasan jangkauan pasar, peningkatan pengambilan keputusan, dan kepuasan pelanggan. Namun, penelitian ini terbatas pada UMKM di sektor kuliner di Jakarta dan tidak mencakup sektor atau wilayah lain. Penelitian ini memberikan wawasan asli dengan menerapkan Technology Acceptance Model (TAM) untuk secara khusus mengevaluasi pengaruh adopsi e-commerce terhadap kinerja UMKM, memberikan implikasi praktis bagi para pelaku UMKM dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan literasi digital dan pemanfaatan e-commerce yang strategis.
Copyrights © 2025