Rendahnya sikap percaya diri siswa kelas IV MI dalam pembelajaran IPS merupakan latar belakang dilakukannya penelitian ini. Kepercayaan diri merupakan salah satu sikap yang penting dimiliki siswa untuk dikembangkan. Meningkatkan sikap percaya diri siswa melalui penerapan metode show and tell pada mata pelajaran IPS merupakan tujuan dari penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siswa dengan jumlah 21 orang merupakan subjek penelitian ini. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta lembar wawancara. Indikator keberhasilan ditetapkan sebesar 75% siswa yang menunjukkan sikap percaya diri dalam kategori sangat baik. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam PTK ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap percaya diri yang signifikan. Pada pra-siklus, hanya 42,85% siswa berada pada kategori sangat baik, lalu meningkat menjadi 57,14% pada siklus I, dan mencapai 80,95% pada siklus II. Selain itu, siswa mulai berani melakukan presentasi di depan kelas dan menunjukkan partisipasi aktif selama proses pembelajaran. Capaian ini menunjukkan bahwa implementasi metode show and tell dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa selama pembelajaran IPS. Penelitian ini turur memberikan kontribusi baik secara teoretis maupun praktis sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru di kelas, meskipun masih memiliki keterbatasan. Oleh karena itu, disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk mengkaji variabel lain yang turut memengaruhi perkembangan sikap percaya diri siswa.
Copyrights © 2025