Salah satu tugas utama guru Akidah Akhlak adalah menciptakan suasana dalam kelas agar terjadi interaksi belajar mengajar yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan sungguh-sungguh. untuk itu guru Akidah Akhlak seyogyanya memiliki kemampuan untuk melakukan interaksi belajar mengajar yang baik. salah satu kemampuan yang sangat penting adalah kemampuan dalam mengelola kelas. Siswa dapat belajar dengan baik, apabila dalam suasana yang wajar tanpa tekanan dan dalam kondisi yang merangsang untuk belajar. mereka memerlukan bimbingan dan bantuan untuk mamahami bahan pengajaran dalam berbagai kegiatan belajar. untuk pengumpulan data digunakan dengan metode observasi, wawancara dengan kepala, guru dan wali murid dan dokumentasi. sedangkan jenis penelitianya menggunakan Diskriptif Kualitatif yaitu menginterpretasikan melalui penjelasan-penjelasan diskripitif sebagai kesimpulan mengenai strategi guru akidah akhlak dalam mengembangkan minat belajar siswa kelas 2. dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi guru akidah akhlak dalam mengembangkan minat belajar siswa kelas 2 yaitu memberikan panutan dan contoh yang baik kepada peserta didik, memberikan suasana belajar yang menyenangkan, memotivasi siswa, faktor-faktor yang mendukung strategi guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan minat belajar siswa kelas 2, Salah satu faktor yang dapat mendukung dalam mengembangkan minat belajar siswa adalah sarana dan prasarana yang tersedia, faktor-faktor yang menghambat yaitu ada beberapa guru Akidah Akhlak yang terlalu bersikap otoriter dan guru Akidah Akhlak kurang begitu memahami pendekatan dalam pengelolaan kelas.
Copyrights © 2025