Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) bagi guru di Green School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data snowball. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran BIPA di Green School melibatkan analisis kebutuhan yang adaptif, tes penempatan berdasarkan CEFR, penyusunan silabus yang disesuaikan namun dengan fokus reseptif, serta penyesuaian bahan ajar, khususnya melalui penambahan kosakata sehari-hari dan penyederhanaan teks bacaan untuk pemelajar dewasa. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan campuran (eclectic) oleh pengajar yang memadukan berbagai strategi pengajaran komunikatif dan kontekstual sesuai konteks kebahasaan pemelajar. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara formatif melalui tugas-tugas di akhir sesi dan sumatif pada akhir program berupa tes lisan dengan penutur asli, yang secara khusus menekankan keterampilan berbicara namun juga mengidentifikasi tantangan pemelajar dalam struktur kalimat.
Copyrights © 2025