EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 4 (2025): Agustus

Model-Model Pengembangan Kewirausahaan dalam Pendidikan

Zainal, Nur Fitriani (Unknown)
Sahabuddin, Romansyah (Unknown)
Irfan, Muhammad (Unknown)
Satriani, Satriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai model pengembangan kewirausahaan dalam konteks pendidikan. Disusun berdasarkan studi pustaka terbatas yang mengacu pada sejumlah artikel ilmiah yang membahas integrasi kewirausahaan dalam pembelajaran. Integrasi kewirausahaan dalam pembelajaran di Sekolah atau Perguruan Tinggi memiliki peranan penting dalam menanamkan wawasan, karakter dan keterampilan wirausaha. Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di Sekolah atau Perguruan Tinggi dapat dilakukan melalui implementasi model pembelajaran yang dalam tahapannya memuat kegiatan berwirausaha atau learning by doing. Oleh karena itu, berbagai desain pembelajaran seperti model: pendidikan karakter kewirausahaan, teacherpreneurship, pembelajaran melalui praktik usaha, pembelajaran kewirausahaan berbasis quantum learning atau proyek atau budaya lokal, teaching factory dan lainnya dirancang untuk memicu minat, intensi, kreativitas dan inovasi peserta didik dalam berwirausaha. Tulisan ini diharapkan memberikan kontribusi konseptual terhadap pengembangan strategi pembelajaran kewirausahaan yang efektif di lembaga pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...