Ta'dibiya: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam
Vol 5 No 1 (2025): Ta'dibiya: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam

OPTIMALISASI PEMAHAMAN NAHWU-SHARAF MELALUI METODE AMTSILATI DI PONDOK PESANTREN GRIYA TAHFIDZ CAKUNG

Jalaludin, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya optimalisasi pemahaman nahwu-sharaf santri tahfidz melalui penerapan metode Amtsilati di Pondok Pesantren Griya Tahfidz Cakung. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan sebagian santri dalam memahami kaidah bahasa Arab (nahwu-sharaf) yang menjadi penunjang penting dalam membaca, memahami, dan menghafal Al-Qur’an secara mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pengajar dan santri tahfidz yang mengikuti pembelajaran Amtsilati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Amtsilati secara sistematis, dengan penekanan pada pemahaman pola-pola dasar nahwu-sharaf melalui contoh-contoh praktis dan pengulangan (drill), mampu meningkatkan pemahaman santri terhadap struktur bahasa Arab. Santri menjadi lebih mudah mengenali bentuk kata, perubahan i’rab, serta pola-pola kalimat yang terdapat dalam teks-teks Al-Qur’an dan kitab kuning. Faktor pendukung keberhasilan metode ini antara lain kesesuaian materi dengan tingkat kemampuan santri, motivasi santri yang tinggi, serta bimbingan intensif dari pengajar. Adapun kendala yang dihadapi meliputi perbedaan latar belakang kemampuan awal santri dan keterbatasan waktu belajar. Penelitian ini menyatakan bahwa metode Amtsilati efektif dalam mengoptimalkan pemahaman nahwu-sharaf santri tahfidz di Pondok Pesantren Griya Tahfidz Cakung, serta direkomendasikan untuk terus dikembangkan dengan strategi yang lebih variatif dan adaptif terhadap kebutuhan santri

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

TADIBIYA merupakan Jurnal Agama dan Pendidikan Islam sebagai media ilmiah yang mamuat ide dan gagasan yang bersumber dan berdasar hasil penelitian, penelaahan pustaka, dan gagasan dari akademisi, praktisi serta pemerhati pendidikan khususnya bidang pendidikan ...