Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks)
Vol 7 No 2 (2025): EDISI 24

OPTIMALISASI LAYANAN HOTLINE KESEHATAN MELALUI SISTEM INFORMASI BERBASIS TEKNOLOGI PEMROSESAN BAHASA ALAMI

Dinata, Muhammad Imam (Unknown)
Rizkillah, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Layanan hotline kesehatan mental menjadi solusi penting dalam menangani krisis psikologis secara cepat dan anonim. Namun, penilaian tingkat urgensi percakapan masih bergantung pada intuisi manusia yang rentan terhadap bias dan keterlambatan. Penelitian ini mengembangkan sistem berbasis Natural Language Processing (NLP) dengan model BERT untuk mengklasifikasikan tingkat urgensi percakapan pada layanan hotline ke dalam tiga kategori: rendah, sedang, dan tinggi. Sistem diimplementasikan dalam antarmuka berbasis web menggunakan Flask, dengan backend berbasis Python dan database MySQL. Penelitian menggunakan pendekatan dengan model Agile, dan dataset terdiri dari 150 percakapan yang telah dilabeli secara manual. Hasil pengujian menunjukkan akurasi model mencapai 70%, dengan precision dan recall tertinggi pada kategori "rendah". Sistem ini mampu melakukan klasifikasi real-time dan memberikan rekomendasi kepada operator. Implementasi awal menunjukkan bahwa sistem ini meningkatkan efisiensi dan objektivitas layanan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap digitalisasi layanan kesehatan mental dan menunjukkan potensi NLP dalam intervensi krisis berbasis teks

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JINTEKS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (JINTEKS) merupakan media publikasi yang dikelola oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dengan ruang lingkup publikasi terkait dengan tema tema riset sesuai dengan bidang keilmuan Informatika yang meliputi Algoritm, Software Enginering, Network & ...