Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 8 No. 2 (2025): Mei - Agustus 2025

Pengaruh Antara Kinerja dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru di SDN Sukasari Cileunyi Bandung

Kariandinata, Rahayu (Unknown)
Hidayat, Agus (Unknown)
Koswara, Ujang (Unknown)
Hidayat, Wisnu Hambali (Unknown)
Suganda, Ayub (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Urgensi dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kinerja kepala sekolah dan gaya kepemimpinan berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi guru, yang merupakan faktor penting dalam menunjang kualitas pendidikan. Kepala sekolah tidak hanya berperan sebagai administrator, tetapi juga sebagai pemimpin yang mendorong pengembangan profesional guru. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukasari, Cileunyi, Bandung dengan pendekatan kuantitatif dan melibatkan tiga puluh guru sebagai sampel. Analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan pengujian asumsi normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja kepala sekolah memiliki koefisien regresi sebesar nol koma seratus tiga puluh dengan nilai signifikansi nol koma lima dua empat, sementara gaya kepemimpinan memiliki koefisien nol koma dua satu empat dengan signifikansi nol koma satu delapan lima. Keduanya tidak signifikan secara statistik karena nilai signifikansi lebih besar dari nol koma nol lima. Uji simultan juga menunjukkan tidak adanya pengaruh signifikan secara bersama-sama. Nilai koefisien determinasi sebesar nol koma satu satu delapan menunjukkan bahwa pengaruh kedua variabel hanya sebelas koma delapan persen terhadap kompetensi guru, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Meskipun hasilnya tidak signifikan, arah hubungan yang positif menunjukkan bahwa peran kepala sekolah tetap penting. Oleh karena itu, perlu perhatian lebih lanjut terhadap kinerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah, serta eksplorasi faktor-faktor lain yang lebih dominan dalam mempengaruhi kompetensi guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...