GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025

OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI PEMBUATAN LOGO, KEMASAN, DAN MEDIA SOSIAL PADA HOME INDUSTRY KERIPIK TEMPE DI DESA MLINJON

Marcella, Titis Cindy (Unknown)
Setyaningrum, Vinka Noviana (Unknown)
Agustin, Elsa Eka (Unknown)
Nursitasari, Leni (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemasaran produk keripik tempe milik Industri Rumah Tangga Bu Rumini di Desa Mlinjon melalui pembuatan logo, desain kemasan, dan pemanfaatan media sosial. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan partisipatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi visual. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa branding melalui logo dan kemasan baru berhasil meningkatkan daya tarik produk, sementara promosi digital melalui WhatsApp Business dan Facebook meningkatkan jangkauan pemasaran serta kesadaran merek. Kegiatan ini juga memberikan pemahaman baru kepada pemilik usaha mengenai strategi pemasaran digital dan pengelolaan pesanan secara berani. Dengan adanya kegiatan ini, terjadi peningkatan penjualan dan daya saing produk di pasar lokal. Program ini menunjukkan bahwa penguatan identitas visual dan pemanfaatan media sosial dapat menjadi strategi efektif untuk pengembangan usaha mikro. Diperlukan pendampingan lanjutan agar hasil pengabdian dapat berkelanjutan dan lebih optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ganesha

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Social Sciences

Description

Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan konseptual serta hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pengabdian masyarakat. Jurnal Ganesha dipublikasikan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli. Junal Ganesha secara khusus menitikberatkan pada ...