MAXIMAL
Vol 2 No 6 (2025): Agustus

Peran Rumah Tahfiz Quran ASHABIQ Sukabumi dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Santri

Ressy Resviati Putri (Unknown)
Siti Qomariyah (Unknown)
Lia Aliyah (Unknown)
Leni Sumarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh setiap Muslim sebagai bekal dalam memahami dan mengamalkan isi Al-Qur’an. Namun, kenyataannya masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis Al-Qur’an dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Rumah Tahfiz Quran ASHABIQ dalam meningkatkan kemampuan BTQ santri melalui pendekatan pembelajaran yang terstruktur, relasional, dan berbasis lingkungan spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang meliputi tahsin, tahfiz, dan latihan menulis ayat Al-Qur’an yang rutin, disertai evaluasi berjenjang dan keterlibatan guru sebagai pembina spiritual, mampu meningkatkan kemampuan BTQ secara signifikan. Selain itu, pembiasaan ibadah, lingkungan yang kondusif, serta keterlibatan orang tua turut memperkuat dampak positif program. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya sinergi antara metode pembelajaran, peran guru, dan lingkungan dalam membentuk generasi Qurani. Model yang diterapkan oleh RTQ ASHABIQ dapat direplikasi oleh lembaga serupa dalam rangka memperkuat literasi keislaman sejak usia dini hingga dewasa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MAKSI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

MAXIMAL JOURNAL is accepts manuscripts of research results and study results that bring up scientific and actual ideas in the fields of Social, Political, Law, Economics, Culture, Technology, and Education both in Indonesian and ...