Pembelajaran abad 21 secara sederhana diartikan sebagai pembelajaran yang memberikan kecakapan abad 21 kepada peserta didik yaitu salah satunya kemampuan berpikir kritis, Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan peserta didik karena berpikir kritis dapat membantu peserta didik menyelesaikan masalah dan membantu dalam mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) di SMA Negeri 13 Palembang di kelas XI IPS 4 mata pelajaran Geografi dengan materi lingkungan hidup dan kebencanaan. Project Based Learning (PjBL) merupakan salah satu Keterampilan Abad 21 yang dianggap bisa memperkuat modal sosial (social capital) dan modal intelektual (intellectual capital). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode kuantitatif yang dilakukan sebanyak 2 siklus pada mata pelajaran Geografi dan berjumlah 34 Peserta didik. Hasil penelitian yang dilihat dari berpikir kritis dan hasil belajar. Hasil observasi berpikir kritis peserta didik pada siklus 1 memiliki rata-rata sebesar 53,52%, kemudian pada siklus 2 memiliki rata-rata sebesar 85,50%. Hasil belajar Geografi siswa juga mengalami peningkatan. Pada kondisi awal hanya 23,53% siswa yang mengalami ketuntasan, pada siklus 1 meningkat menjadi 52,94% siswa yang tuntas, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 85,29%.
Copyrights © 2025