Sigmagri
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni

PEMETAAN IMAGE KONSUMEN TERHADAP KOMODITAS UNGGULAN BUAH SALAK PONDOH DI JOMBANG

Lidya (Unknown)
Septi Ambar Indraningtia Sukma (Unknown)
Yessita Puspaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi dalam keputusan pembelian dari segi rasa, warna, harga, kualitas, tekstur dan ukuran dalam keputusan pembelian buah salak pondoh di Jombang. Pada penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Analisi Deskriptif dan Analisis Korespondensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari Uji Deskriptif nilai maksimum mencapai angka 16.000 dengan nilai rata-rata sebesar 8.3800. memiliki standar devisiasi angka sebesar 1.94770 dinyatakan signifikan. Hasil Uji Korespondensi variabel rasa 61,0% dengan nilai eigen 75,2%, nilai C-square 2303,406 P Value < 0,05. Variabel tekstur 74,5% dengan nilai eigen 89,7%, nilai C-square 1404,989 P Value < 0,05. Variabel kualitas 47,2% dengan nilai eigen 69,8%, nilai C-square 3381,037 P Value < 0,05. Variabel rasa 77,4% dengan nilai eigen 49,7%, nilai C-square 858,459 P Value < 0,05. Variabel warna 75,5% dengan nilai eigen 50,9%, nilai C-square 4090,960 P Value < 0,05. Variabel ukuran 71,0% dengan nilai eigen 47,2%, nilai C-square 476,786 P Value < 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa dari variabel rasa, warna, harga, kualitas, tekstur dan ukuran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada pemetaan image konsumen terhadap komoditas unggulan buah salak pondoh di Jombang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sigmagri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: 1. Agribusiness Management 2. Agriculture Economics, 3. Social Science 4. Rural Development 5. Rural Sociology 6. Risk Management 7. Agriculture Extension 8. Financial Management 9. Marketing ...