Pada masa pasca pandemi COVID-19, sektor industri coffee shop mengalami pertumbuhan yang pesat dengan fokuspada pelayanan terbaik dan desain kekinian yang bisa menjadi tempat nongkrong, mengadakan pertemuan kerja,menghabiskan waktu luang bahkan menyelesaikan pekerjaan. Hal ini, juga meningkatkan persaingan yang tingggi diindustri ini mendorong para pengusaha untuk terus berinovasi untuk kompetitif. Namun, Nitro Ventura Coffeemengalami penurunan penjualan pada tahun 2022 hingga 2023 karena meningkatnya persaingan di industri ini. Tujuandari penelitian ini adalah untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelangganNitroventura Coffee, dan untuk mengetahui bagaimana suasana di dalam kedai dan kualitas layanan memengaruhikepuasan dan loyalitas pelanggan dalam lingkup yang kompetitif. Data yang dikumpulkan dari 182 responden berasaldari penyebaran kuesionel online dan dianalisis menggunakan teknik Partial Least Squares-Structural EquationModeling (PLS-SEM). Penelitian ini menunjukkan bahwa suasana di sebuah kedai memiliki pengaruh yang signifikanterhadap kepuasan pelanggan. Demikian pula kualitas layanan mempunyai pengaruh yang besar dan signifikanterhadap kepuasan pelanggan. Terdapat pula uji suasana kedai kopi Nitro Ventura Coffee terhadap loyalitas pelangganmelalui kepuasan dan uji kualitas pelayanan Nitro Ventura Coffee Shop yang secara tidak langsung mempunyaipengaruh yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dalam penelitian ini. Olehkarena itu, pelanggan merasa dengan pelayanan yang berkualias, seperti dapat diandalkan ketika pelanggan adamasalah, waktu penyajian yang cepat, bersikap sopan, melayani dengan sepenuh hati, dan penampilan yang menarikserta dengan menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan dapat memebuat pelanggan rileks dan nyamandalam menghabiskan waktu di Nitro Ventura Coffee, dan pada akhiranya memperkuat loyalitas pelanggan. Kata Kunci-suasana kedai, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2024